Thursday, July 12, 2012

BMKG : Penerimaan CPNS



Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah Lembaga Pemerintahan Non Kementerian yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika, berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: R/39/M.PAN-RB/04/2012 tanggal 25 April 2012 dan No.16/2012 tentang Formasi PNS BMKG pada Tahun Anggaran 2012 membuka kesempatan bagi putra putri terbaik Bangsa yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi Pegawai BMKG melalui Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan II dan Golongan III.

A. JUMLAH YANG DIBUTUHKAN (FORMASI)1. Pengamat Meteorologi dan Geofisika Ahli
S3 Meteorologi 1 BMKG Pusat
S2 Geofisika 2 UPT BMKG
S2 Geoteknik 1 BMKG Pusat
S2 Instrumentasi 2 UPT BMKG
S2 Matematika 1 BMKG Pusat
S2 Meteorologi 8 BMKG Pusat
S2 8tatistik 1 BMKG Pusat
S2 Teknik Elektronika 2 BMKG Pusat
S2 Fisika 1 BMKG Pusat
S1 Geofisika/Geologi 3 BMKG Pusat
S1 Geografi 2 BMKG Pusat
S1 Instrumentasi 2 BMKG Pusat
S1 Komputer 2 BMKG Pusat
S1 Meteorologi 6 BMKG Pusat
S1 Oceanografi I Kelautan 1 BMKG Pusat
S1 Teknik Informatika 11 BMKG Pusat
S1 Teknik Kimia 1 BMKG Pusat
S1 Teknik Elektronika 2 BMKG Pusat
S1 Matematika 1 BMKG Pusat
S1 Geologi 2 UPT BMKG
S1 Geologi Teknik 1 BMKG Pusat
2. Pengamat Meteorologi dan Geofisika Terampil
D1 Meteorologi 65 UPTBMKG
D1 Geofisika 49 UPTBMKG
D1 Klimatologi 28 UPT BMKG
D1 Instrumentasi 53 UPT BMKG
D3 Instrumentasi / Teknik Elektronika 26 UPTBMKG
D3 Teknik Informatika / Komputer 40 UPTBMKG
D3 Elektronika 1 BMKG Pusat
D3 Fisika 1 BMKG Pusat
D3 Instrumentasi 2 BMKG Pusat
D3 Kimia Analis 2 BMKG Pusat
D3 Teknik Elektronika 2 BMKG Pusat
D3 Teknik Informatika 1 BMKG Pusat

B. KETENTUAN MELAMAR1. Warga Negara Indonesia;
2. Usia minimal 18 tahun pad a tanggal 1 Nopember 2012 maksimal 35 tahun pada
tanggal1 Oesember 2012;
3. Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan Pengadilan Negeri yang
mempunyai kekuatan hukum tetap, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan
Kepolisian;
4. Memiliki kartu pencari kerja (Kartu Kuning) yang dikeluarkan oleh Instansi yang
bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan;
5. Berbadan sehat, dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani
yang dikeluarkan oleh Ookter Pemerintah;
6. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon anggota TNIIPOLRI serta anggota
TNIIPOLRI atau diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak
dengan hormat dari CPNS/PNS/Pegawai Swasta;
7. Berijazah 01, 03, S1, S2, dan S3 Non Kependidikan sesuai dengan kualifikasi
pendidikan di atas dengan ketentuan :
a. Untuk lulusan S2 dan S3 memiliki sertifikat TOEFL dengan nilai sekurangkurangnya
500 sedangkan untuk S1 dengan nilai 450 yang dikeluarkan oleh
lembaga resmi yang berbadan hukum;
b. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dalam skala 4 :
1) Untuk 03 dan S1 minimal 3,00
2) Untuk S2 dan S3 minimal 3,50
c. Untuk lulusan S1, S2 dan S3 dalam negeri Ijazah terakreditasi A dan B pada
Badan Akreditasi Nasional - Perguruan Tinggi, bagi lulusan luar negeri harus
mendapat pengesahan dari Oitjen Pendidikan Tinggi disertai dengan Konversi IPK
ke dalam skala 4.
8. Bersedia ditempatkan di UPT BMKG seluruh wilayah NKRI sesuai formasi yang ada
dengan menandatangani Surat Pernyataan.
9. Melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah.

C. KETENTUAN PENDAFTARAN1. Penerimaan Surat Lamaran
a. Surat Lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditandatangani sendiri oleh
pelamar ditujukan kepada Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika
u.p. Tim Penerimaan CPNS - BMKG dengan alamat JI. Angkasa I No.2,
Kemayoran Jakarta Pusat 10720, mulai tanggal 17 Juli 2012 sampai dengan
30 Juli 2012
 stempel pos pengiriman;
b. Berkas Lamaran dikirim melalui Pos atau jasa Pengiriman dengan melampirkan
Formulir Pendaftaran

yang dapat diunduh melalui website BMKG
http://www.bmkg.go.id;

c. Bagi yang pernah mengajukan lamaran ke BMKG, agar mengulangi dan
memperbaiki lamarannya sesuai dengan persyaratan dalam pengumuman ini;
d. Dalam lamaran harus menyebutkan jabatan yang dilamar.
2. Surat Lamaran dilengkapi dengan :
a. Pas Photo terbaru berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar (cantumkan
nama di belakang);
b. Foto copy KTP yang masih berlaku;
c. Foto copy ijazah S3/S2/S1/D3/D1 sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang
dibutuhkan dan berikut transkrip yang sudah dilegalisir oleh Oekan/Ketua Sekolah
Tinggi/Oirektur dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi
Nasional - Perguruan Tinggi (BAN-PT) ;
d. Untuk lulusan S1, S2, dan S3 melampirkan foto copy sertifikat TOEFL;
e. Foto copy Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku dari
instansi Tenaga Kerja;
f. Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani yang dikeluarkan oleh Ookter
Pemerintah;
g. Foto copy Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Rumah Sakit Pemerintah
(as Ii diberikan setelah lulus seleksi);
h. Surat Pernyataan yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai seperti
terlampir dan dapat diunduh di website BMKG.
i. Mencantumkan alamat E-mail dan nomor telephone/handphone (untuk diberikan
Nomor ujian seleksi CPNS).
3. Surat lamaran beserta lampiran disusun rapih dan disatukan dengan penjepit sesuai
urutan ketentuan butir 2 di dalam map berwarna :
a. Warna coklat untuk S3
b. Warna kuning untuk S2
c. Warna biru untuk S1
d. Warna hijau untuk D3
e. Warna merah untuk D1
dan dimasukkan dalam amplop coklat dengan mencantumkan nama, jurusan
pendidikan dan jabatan yang dilamar dan lokasi tes yang dipilih pada sudut kiri
atas map.

D. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSISeleksi dilakukan secara bertahap sebagai berikut :
1. Seleksi Administrasi melalui kelengkapan persyaratan pada surat lamaran
Bagi yang lulus seleksi administrasi akan diberikan Nomor Ujian seleksi CPNS dan
akan dikirimkan melalui E-mail daripanitiacpnsbmkg2012@bmkg.go.id.
2. Seleksi Akademik terdiri dari materi:
a. TKD (Tes Kompetensi Dasar) :
Dilaksanakan oleh konsorsium (10 PTN) di 10 lokasi (Lihat lampiran), meliputi :
1). Tes Wawasan Kebangsaan
2). Tes Intelegensi Umum
3). Tes Karakteristik Pribadi.
b. Bagi yang diyatakan memenuhi persyaratanllulus kompetensi dasar, untuk
mengikuti tes berikutnya mencakup :
1). TKB (Tes Kompetensi Bidang/Subtantif)
2). Wawancara
3. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dilaksanakan pada tanggal 8 September
2012 sesuai dengan tempat lokasi tes yang dipilih dan pelaksanaan seleksi
kompetensi bidang ditentukan kemudian dapat dilihat dalam Website BMKG
(www.bmkg.go.id) .
4. Keputusan panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

E. LAIN-LAIN1. Nama peserta yang lulus seleksi administrasi dan Kompetensi Dasar maupun Bidang
akan diumumkan melalui website BMKG http://www.bmkg.go.id dan pengumuman di
lokasi seleksi;
2. Seleksi masuk CPNS BMKG tidak dipungut biaya;
3. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi wajib menunjukkan ijazah asli pendidikan
terakhir untuk diteliti keabsahannya, dan menyerahkan :
a. Asli Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku;
b. Asli Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Dokter Pemerintah yang masih
berlaku;
c. Asli Kartu Tanda Pencari Kerja (Kartu Kuning) yang masih berlaku dari instansi
yang bertanggungjawab di bidang ketenagakerja;
d. Pas Photo terbaru berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 5 lembar;
e. Surat pernyataan bersedia tidak pindah ke unit kerja yang ditetapkan/instansi lain,
minimal 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal pengangkatan sebagai CPNS.
4. Apabila pelamar memberikan keterangan Idata yang tidak benar baik pada setiap
tahapan seleksi, maupun setelah menjadi CPNS/PNS, maka BMKG berhak
membatalkan kelulusan tersebut dan atau memberhentikan sebagai CPNS/PNS di
lingkungan BMKG.

No comments:

Post a Comment

Pages

Gabung Yuk....