Monday, January 30, 2012

Hati-hati Dengan WAZZUB....

Beberapa hari terakhir, kita banyak melihat di Facebook, email, inbox, dan SMS tentang Wazzub. Intinya adalah mereferral kita untuk ikut bergabung di Wazzub. Sebuah situs yang akan menjadi mesin pencari (search engine) dan akan menjadi pesaing facebook dan Google. Konon begitu. Tetapi, saya melihat banyak hal yang sangat ganjil tentang Wazzub, apalagi kalau dikatakan Wazzub akan menjadi mesin pencari menyaingi si raksasa Google. Untuk sebuah ide atau cita-cita besar dengan niat yang baik, Wazzub jauh dari kredibilitas. Contoh fakta: (saya lihat sampai tanggal 28 Januari 2012)
  1. Tidak ada member area yang memungkinkan sesorang yang memiliki akun di Wazzub untuk melihat akunnya. Pada umumnya, sebuah situs yang mengharuskan seseorang sign up, pasti ada member area, untuk mengedit profil, foto, data diri, merubah password, merubah email dll.

  2. Domain yang digunakan sebagai domain utama Wazzub adalah dot info, bukan dot com. Dot info ini dalam urutan TLD (Top Level Domain) termasuk domain murahan. Saya bisa buatkan Anda website www.bukanwazzub.info hanya dengan biaya Rp. 80.000, murah bukan? Mungkinkah sebuah situs raksasa hanya menggunakan domain murahan yang bukan TLD tertinggi seperti dot com. Memang, www.wazzub.com juga bisa dibuka dengan tampilan yang sama tetapi tidak memiliki fasilitas referral.

  3. Silahkan buka www.wazzub.com dan buka di tab baru dengan alamat referral Wazzub milik Anda atau milik teman Anda. Lihat tampilannya. Saya mencoba membuka www.wazzub.com tertera jumlah usernya 531.000 sementara di link referral www.wazzub.info jumlahnya berjalan, ada count-nya.

  4. Sistem Wazzub dalam mengirimkan email verifikasi juga cukup unik, Wazzub seperti menganjurkan kita menggunakan email dari Gmail dan tidak menyarankan penggunakan AOL dan HOTMAIL. Meskipun pihak Wazzub memberi keterangan bahwa mungkin saja terjadi kegagalan deteksi spam pada AOL dan HOTMAIL yang menyebabkan email verifikasi di kedua layanan email tersebut akan terganggu. Ada apa ini?

  5. Blog Wazzub yang beralamat di www.heywazzub.blogspot.com juga terbilang lucu. Blog itu dibuat dengan GRATIS alias tidak mengeluarkan biaya apapun dalam hosting maupun domainnya. Tampilan yang dipakaipun hanya menggunakan tampilan dasar, sangat mirip dengan hasil karya seseorang yang baru bisa ngeblog untuk pertama kalinya. Dan, di dunia ini banyak sekali situs blogging, kenapa Wazzub menggunakan Blogspot? Bukankah Blogspot itu milik Google? Bukankah Wazzub justru akan menjadi pesaing Google? :))
Hal-hal itulah yang diprediksi akan berdampak buruk terhadap kemungkinan pishing atau pencurian data user. Semisal, anjuran Wazzub menggunakan Gmail bisa jadi adalah cara Wazzub mencuri database dengan cara menyimpan akun Anda beserta password yang Anda gunakan untuk sign up di Wazzub.
Ingat, kebanyakan orang menggunakan password yang sama untuk berbagai email sign up. Kemungkinan ini bisa dimanfaatkan oleh Wazzub mencuri akun Anda di Gmail/Yahoo atau email yang Anda pakai untuk mendaftarkan diri di Wazzub. Akun email anda bisa saja dicuri. Untuk apa? Bisa jadi untuk pishing, spamming, hingga hacking dan pencurian database.
Lalu bagaimana jika Anda ingin lebih aman dan mengamankan email Anda? Lakukan segera perubahan password pada akun email Anda. Perketat tingkat kesulitannya.
Jika Anda belum bergabung di Wazzub tetapi penasaran, coba saja masuk sign up dengan sebuah email yang tidak penting, atau email abal-abal. Sehingga jika prediksi ini terjadi, email primer Anda tetap aman.

32 comments:

  1. wow... Artikelnya keren sekali... Sangat membantu dan membuka wawasan saya yang penasaran sama wazzub yg banyak banget promonya... Makasih ya saya jadi tahu gara2 baca ini, :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sob atas pencerahannya, saya sebagai orang yang awan dengan Bisnis Online seperti ini, tetapi saya sudah daftar hanya informasi scam terlambat saya terima ....

    thanks atas infonya....

    ReplyDelete
  3. setelah dipikir2 memang kenyataanya akan berubah menjadi scam

    ReplyDelete
  4. CARA AMAN BER INTTERNET :

    SETIAP ANDA MENDAFTAR DI SITUS MANA PUN, ANDA DIMINTA MENGISI ALAMAT EMAIL PASSWORD YANG DIMINTA. TETAPI ANDA JANGAN SALAH MENGIRA KALO ALAMAT EMAIL YANG ANDA MASUKKAN ADALAH MEMANG BENAR ALAMAT EMAIL ANDA, CUMA SEKEDAR IINFORMASI DARI BEBERAPA PAKAR SPAMMER DI DUNIA AGAR BERHATI-HATI KETIKA MENDAFTAR KE SITUS LAIN AGAR MEMBUAT PASSWORD JANGAN SAMA DENGAN PASSWORD ALALAMT EMAIL ANDA…. NAH LOOO… BAGI YANG SUDAH TERLANJUR SAYA SARANNKAN SEGERA MERUBAHNYA SEKARANG !!!! ( DEMI KEAMANAN KITA JUGA KELAK.. )

    ARTIKEL LEBIH LENGKAP DISINI...
    http://gratisan.webatu.com/password/

    ReplyDelete
  5. makasih gan, baru aja ku daftar. untung aja deh..

    ReplyDelete
  6. sok tau kamu,..bilang aja sirik

    ReplyDelete
  7. ane hanya berbagi semua kembali kediri masing2 gan...
    semoga bermanfaat untuk semua

    ReplyDelete
  8. Aku suka gaya lu , gan... Tapi, lu naruh Link WAZZUB lu di pojok kanan atas ya ? hahahahaa...

    ReplyDelete
  9. Dunia Balikpapan@kan kembali kediri masing2 tp intinya jgn kasih main email gan biar aman so email ecek2 aja...

    ReplyDelete
  10. btw.. situ dapet ilham darimana jadi gampang banget menjatohkan situs orang..
    emang situs wazzub tu kriminal kah ?

    ente ga bisa seenaknya ngasih opini ga jelas cuman dari domain doang..
    laa.. itu kan dia punya .com..

    terus kalau pengen beli yg .info apa salahnya..

    situ bilang cuma dengan 80 ribu bisa bikinin .info.. laa emangnya orang luar negeri cuma masalah duit seratus ribuan jadi masalah gitu..


    btw.. kalo gw laporin ke wazzub,, gimana ya nasib ente..
    siap2 di tuntut gan :)

    ReplyDelete
  11. Mas Hans yang baik...ane niatnya cuma berbagi coz tulisan ini tujuannya untuk berjaga2 kl seandainya memang terbukti wazzub itu penipu banyak org yg terselamatkan dan kalo pun benar mas hans bisa liat diakhir tulisan ini kl ane menghimbau kl mau coba silahkan tp jgn pake email primer so mari kita hadapi dg bijak setiap masalah. asal mas hans tau ane jg daftar ko tp pake email ecek2 so sekali lagi mari kita hadapi dg bijak ,terima kasih atas apresiasinya

    ReplyDelete
  12. oke.. no problem,, lagian saya komentar cuma menanggapi saja dari sudut pandang yang beda.. ga ada maksud menyerang individu,, karena kita sama sama ngeblog.. saya hargai tulisan anda

    tapi ya dari pengalaman orang lain,, kalo artikel masbro bisa dikategorikan pencemaran nama baik loo..
    ya cuma mengingatkan doang sih,,


    dan anyway,, saya cuma mau berkomentar beda saja kok..
    karena saya liat semua komentar di atas baunya sangat kental dengan bau spam..hiihi
    ga ada komentar ttg isinya..

    *btw kok jadi saya saya gini#.. ya sekian masbro,
    smoga makin sukses blognya..

    mungkin ini komentar terpanjang yg pernah ada ye bro..
    :D

    ya sama sama..
    trima kasih karna sudah dijawab dengan baik baik.

    regard.
    dylc.us

    ReplyDelete
  13. MAkasih jg mas hans atas carenya....
    semoga sukses jg blognya....:)

    ReplyDelete
  14. Bro opini ane cuma ini :
    Di Amrik sana setahu ane ada Divisi Kriminal Hacker FBI yg juga kerjasama dengan Interpol dari seluruh dunia. Logikanya gini..kalau kita memang niat nipu orang seluruh dunia dengan cara ini kok harus terang - terangan kayak gini,itu namanya bunuh diri karena bakalan diuber - uber FBI sama Interpol dan setahu ane hacker itu kerjanya underground alias sembunyi-sembunyi.
    Kalau soal sistem webnya masih amburadul gitu...ya wajarlah namanya juga pre launching, kalau launching masih amburadul itu baru namanya katrox bro,hehe.
    Intinya gini aja..gak ada salahnya kita dengan adanya wazzub ini jadi silahturahmi dengan teman-teman baru..itu pahala lho bro :)
    Thx

    ReplyDelete
  15. Bro sandy terima kasih banget atas apresiasinya, artikel diatas jg opini mmg blm terbukti kebenarannya so wlpn bkn penipu yg merugikan keuangan tp bs jd jg scam yg bs meretas email kita,mknya ane saranin sekali lg kl pgn nyoba silahkan tp kl bs dg email ecek2...
    tp ane sngat terima kasih atas smua apresiasi temen2... sukses buat bro sandy

    ReplyDelete
  16. Biasa..hal yang baru..ada yang pro dan kontra..jika yang pro sudah banyak mengupasnya dan kalah saing untuk mendapatkan traffic dan atau page rank di google atau yang lain, ya bikin saja yang kontra, jadi buat orang penasaran membacanya, kan traffic dan atau mungkin page rank jadi naik....(he..he..padahal yang posting artikel sendiri ikut daftar...mungkin lho..kan gak tau juja)..dan buktinya banyak juga yang komen termasuk saya kan lumayan buat naikkin traffic atau PR..

    ReplyDelete
  17. Mantapz MABRO Bolo2 Jogja jadi tergantung strategi pemasaran ya gan...

    ReplyDelete
  18. Makasih udah diingatin untuk pakai password yang aman bro, gak seperti jawaban penulis blog lainnya yg gak mau kalah (mending kalau jawabnya nyambung dengan apa yg ditanya)..ane ajak mikir pakai logika dan analisa malah komen ane gak di approve untuk tayang,hehe

    ReplyDelete
  19. hahaha...semangat bro sandy tolong ttp kasih saran dan kritik kl ada khilafan..salam super mario bros hahahhaa

    ReplyDelete
  20. wah info mantap gan, untung ane blm ikutan thx gan infonya

    ReplyDelete
  21. kalo mau coba dan berani klik aja:
    http://signup.wazzub.info/?lrRef=6a8810b7

    hehehe... cheers..

    ReplyDelete
  22. uda aku klik,tapi kok tetep aja gak bisa dibuka yah...?

    ReplyDelete
  23. Iya kok ga bsa dibuka ya? Saya udah coba klik link ini
    http://signup.wazzub.info/?lrRef=12f8f18f

    ReplyDelete
  24. ALA..BARU PRE LAUNCHING..LAGI PUN BUKANNYA KITA KENA BAYAR..SAYA UDAH JOINUP

    ReplyDelete
  25. Berhati-hati penting,...tapi sy daftar juga dengan melakukan seperti yang disarankan...sepertinya sedang perbaikan wazzub-Nya...boleh gabung dengan saya juga http://signup.wazzub.info/?lrRef=5b5506fb

    ReplyDelete
  26. yang lebih aneh lagi:
    1. Coba disconnect internet anda, peharikan JOINED counter, kok jalan terus ya???
    2. Coba ubah tanggal komputer anda misalnya menjadi tanggal 1 Maret 2012, perhatikan UNTIL LAUNCH nya menjadi 39 hari. kalau kita mau LAUNCHING nya hari ini ubah saja tanggal komputer anda menjadi tanggal 9 April 2012, lebih cepat dari teman lain
    3. Gunakan dua komputer, lalu buka WAZZUB, perhatikan JOINED caounternya pasti beda.

    Bagaimana banyak orang terkena tipu oleh program murahan ini???

    ReplyDelete
  27. eko jo maaf ane ga bisa cara meng hidden email ente caranya blm dpt...sementara comment ente ane hidden aja...

    ReplyDelete

Pages

Gabung Yuk....