Tuesday, October 11, 2011

Indonesia VS Qatar

Beban sangat berat akan dipikul para pemain tim nasional Indonesia saat melawan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, malam ini. Pasukan Garuda wajib menang untuk menjaga peluang lolos ke putaran keempat.
Qatar jelas bukan lawan yang enteng. Negara yang akan jadi tuan rumah Piala Dunia 2022 itu memiliki keunggulan fisik seperti Iran dan Bahrain, yang mengalahkan Indonesia dalam dua laga sebelumnya.
Pelatih timnas, Wim Rijsbergen, melihat peluang masih terbuka bagi Indonesia. "Hanya satu solusi, kita harus memiliki mental kuat di lapangan," kata pelatih asal Belanda itu.
Wim akan mencoba menerapkan taktik ala Barcelona dalam laga itu. "Iran, Bahrain, dan Qatar memiliki fisik yang kuat. Cara menghadapinya, jangan terlalu sering kehilangan bola. Kami akan mencoba memberikan tekanan dengan umpan-umpan pendek seperti (permainan) Barcelona," ujarnya.
Indonesia dipastikan tak diperkuat dua pemain asal Papua, Boaz Solossa dan Ricardo Salampessy, yang izin dan akhirnya sempat ditegur Komisi Disiplin PSSI. Hamka Hamzah dan Muhammad Nasuha agak diragukan bisa tampil karena cedera yang dialaminya.
Seperti Indonesia, Qatar juga belum pernah lolos ke Piala Dunia. Dalam enam pertemuan dengan negara itu, Indonesia hanya pernah sekali menang dan meraih satu hasil seri. Dalam semua pertemuan tersebut, Indonesia memasukkan 5 gol dan kebobolan 15 gol.
Asisten pelatih timnas, Liestiadi, mengatakan mental Bambang Pamungkas dan kawan-kawan tengah menanjak setelah menahan seri Arab Saudi dalam uji coba di Malaysia pada Jumat pekan lalu. "Kalau punya motivasi, kita bisa menang," ucapnya.
Tim Merah Putih saat ini berada di posisi buncit Grup E dengan nilai nol. Qatar berada di urutan ketiga dengan 2 poin. Posisi kedua ditempati Bahrain dengan 4 poin, dan Iran bertengger di puncak grup dengan 4 poin. Bila kembali kalah dalam laga ini, peluang Indonesia untuk lolos pun akan sirna. BASUKI RAHMAT | DWI RIYANTO
Dikutip dari Koran Tempo 

No comments:

Post a Comment

Pages

Gabung Yuk....